MAU MENGALAMI PENINGKATAN TAHUN INI? LAKUKAN BEBERAPA HAL INI!

Tahun 2016 sudah berlalu dan tahun 2017 baru saja dimulai. Tentu anda tidak ingin keadaan; ekonomi, relationship, kualitas diri, dan lain-lain – tetap seperti begitu-begitu saja tanpa perubahan yang berarti di tahun 2017 ini.  Setiap orang yang “sehat” tentu selalu berpikir maju dan ingin mengalami peningkatan yang baik disegala bidang kehidupannya dari waktu ke waktu.

Lalu apa yang harus anda lakukan diawal tahun? Paling tidak ada 3 hal yang ingin saya sampaikan disini untuk anda:

  1. Bersyukur

Pertama-tama adalah bersyukur, sebab apa pun yang telah terjadi, atau terlepas dari berbagai macam pengalaman kehidupan, suka-duka, tantangan yang berat, berkat, dan lain sebagainya, faktanya bahwa Tuhan sudah membawa kita masuk di tahun 2017.  Mengapa harus bersyukur? Karena dengan diri kita sendiri tidak mungkin kita bisa mengarungi lautan kehidupan dengan gelombang dan hempasan angin kencang di sepanjang awaktu yang sudah kita lewati.  Belajarlah bersyukur, sebab sama seperti kasih akan melahirkan kasih, kebencian akan melahirkan kebencian, sungut-sungut akan melahirkan sungut-sungut, demikianlah syukur akan melahirkan syukur.

  1. Evaluasi Diri Lebih menyeluruh

Hal yang kedua yang perlu anda lakukan adalah evalusi diri lebih menyeluruh. Dengan evaluasi ini kita anda akan menemukan apa saja yang mungkin menjadi kelalaian selama ini, di sisi mana kita lemah, apa yang perlu ditingkat dan apa yang mungkin perlu dikurangi atau ditinggalkan. Pada bagian ini mungkin banyak sekali yang perlu dipertanyakan kepada diri sendiri; Apakah sudah belajar maksimal dalam studi, apakah sudah giat bekerja, bagaimana kesungguhan dalam berusaha, dll.

Perlu anda ingat, jangan sekali-kali menyalahkan Tuhan atas keadaanmu, sebab Tuhan memberi anda akal, kemampuan berpikir dan berusaha yang luar biasa.  Belajarlah juga untuk tidak menyalahkan orang lain, tetapi evaluasi diri dan sadarilah kelemahan, mungkin kemalasan, kecuekan, ketidakperdulian  anda selama ini.   Anda yang bekerja dibidang apa saja, baik itu dengan status “permanent employee”, apalagi yang sifatnya “temporary contract employee”, teruslah tingkatkan pengetahuan dan kemampuan (skill) dan jangan berhenti belajar. Semakin banyak (tinggi) “skill” maka semakin banyak kesempatan.

  1. Berkomitmen untuk berubah

Ingatlah apa saja dari hasil evalusi anda itu. Sangat baik bila dibuat daftar tertulis dan menjadikannya sebagai resolusi anda di tahun 2017 ini. Berkomitmenlah untuk melakukannya. Katakan kepada diri anda sendiri “aku harus berubah, aku harus lebih baik dan aku bisa”. Motivasi diri anda terus-menerus supaya “dakwaan sisi lemah anda” tidak “bertahta” di hati dan pikiran anda.  Anda juga bisa mencoba membuat “breakdown” atau semacam urutan penjelasan langkah-langkah apa yang harus dimulai.  Anda pasti bisa lebih baik di tahun ini.  Percayalah!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s