BERHENTILAH MENGELUH

“Berhentilah Mengeluh” adalah satu kalimat yang pernah disampaikan oleh Jack Ma dalam suatu Talk Show yang menghadirkan orang-orang sukses yang dimulai dari nol.  Suatu perkataan yang tentu sudah dia buktikan dalam pengalamannya menjalani hidup susah, sampai ia membangun bisnis yang membawa dia menjadi salah satu orang kaya di Cina bahkan pernah dinobatkan sebagai orang terkaya urutan 26 dunia.

Jack Ma dulu hanya seorang guru bahasa Inggris di negeri tirai bambu ini. Capaian itu pun tidak mudah dia dapatkan karena latarbelakang keluarga yang miskin.  Ia sering mendapat penolakan di sekolah-sekolah, bahkan sejak sekolah dasar, dia sudah menerima penolakan karena ujian matematikanya kurang baik. Jack Ma yang memang sudah tertarik dengan bahasa Inggris sejak masa remaja kemudian belajar bahasa Inggris dengan sungguh-sungguh. Karena ketertarikannya dengan bahasa Inggris itu pula, ketika ia kuliah mengambil jurusan bahasa Inggris. Jack Ma juga pernah selama delapan tahun menjadi pemandu wisata di sebuah hotel. Pengalaman itu pula yang banyak mengajari dia tentang hidup dan menjadi orang yang berpikir global.

jack-ma-dont-complain

Setelah dia berkenalan dengan internet ketika ia bekerja sebagai karyawan di KFC, dia kemudian mendalami bidang ini hingga akhirnya dia mendirikan bisnis internetnya sendiri yaitu situs Alibaba.Com. Meskipun tanpa berbekal pengetahuan sedikitpun di bidang teknologi internet sebelumnya, tetapi faktanya situs Alibaba.com inilah yang membawa Jack Ma menjadi seorang miliyarder.

Jack Ma yang lahir di Hangzhou, Provinsi Zhejiang, China pada tanggal 15 oktober 1964 ini sudah berhadapan dengan berbagai masalah sejak kecil. Tetapi dia terus bertahan, berjuang dan belajar dengan keras dan tidak mau mengeluh.

Hidup memang tidak selalu mudah kita jalani. Seringkali kita diperhadapkan dengan berbagai kondisi-kondisi yang sulit. Keluarga tidak dapat diandalkan, teman-teman pun mungkin menjauh dalam kondisi-kondisi kita kesulitan.  Ada banyak situasi yang barangkali harus dilalui dan karena beban yang berat, terasa sulit untuk menaiki dari satu tangga ke tangga berikutnya. Tetapi belajarlah untuk tidak mengeluh dan larut dalam kesulitan-kesulitan itu sendiri.

Mengeluh tidak akan pernah menyelesaikan persoalan, tidak membuat situasi yang kita hadapi menjadi lebih baik. Mengeluh justru membuat kita semakin lemah dan mengurus energi. Lebih baik ambil waktu untuk bersyukur, sebab sesungguhnya manusia memiliki kemampuan yang sama untuk mengeluh atau untuk bersyukur.  Jika seseorang mampu mengeluh untuk suatu keadaan, pada saat yang sama sesungguhnya dia juga mampu untuk beryukur pada keadaan yang sama.

Teruslah belajar, teruslah berjuang maka keadaan anda tidak akan sama lagi.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s