ALBERT EINSTEIN DAN KATA-KATA BIJAKNYA

ALBERT EINSTEIN DAN KATA-KATA BIJAKNYA

Albert Einstein merupakan sosok ilmuwan yang terkenal. Ia lahir di Ulm, Jerman pada tanggal 14 Maret 1879 dari keluarga pasangan keturunan Yahudi Hermann Einstein dan Pauline Einstein. Setelah pindah dari Ulm ke kota Munich pada tahun 1880, ayahnya Hermann Einstein dan saudaranya Jakob mendirikan perusahaan teknik listrik Einstein & Cie

kata-bijak-albert-einstein

Tahun 1884 ia mula mengikuti pendidikan privat pra Sekolah Dasar yang dijalaninya kurang lebih satu tahun dan tahun 1885 awal ia mulai pendidikan sekolah dasar di sebuah sekolah Katolik di Munich (Petersschule). Namun pada tahun 1988 dia pindah ke sekolah Luitpold-Gymnasium, yang juga masih di Munich. Di sekolah ini pun ternyata dia tidak betah dan tidak berprestasi karena pendidikan disana tidak seperti yang dia sukai, sehingga ia kemudian meninggalkan sekolah tanpa mendapatkan ijazah dan kembali kepada keluarganya pada tahun 1894.

Pada bulan Juli 1900 ia akhirnya dapat menyelesaikan diplomanya dari Sekolah Politeknik Eidgoneoesische (Eidgenoessische Polytechnische Schule) dengan tujuan menjadi guru Matematika dan Fisika. Setelah itu ia kemudian melamar sebagai asisten di sekolah politeknik dan universitas tetapi tidak berhasil. Ia kemudian berpindah kewarganegaraan menjadi warga negara Swiss yang secara sah diperolehnya pada tanggal 21 Februari 1901.

Di Swiss dia mengalami perjalanan hidup yang tidak mudah. Antara Mei 1901 dan Januari 1902, selain menjadi guru di Winterthur dan Schaffhausen, ia juga memberi kursus privat untuk mata pelajaran Matematika dan Fisika. Sekitar tahun itu pula Albert Einstein bersama Maurice Solovine dan Conrad Habicht mendirikan Bernese Akademia Olympia.

Pada Januari 1902 Lieserl, putri Einstein dan Mileva Maric, seorang mantan rekan-mahasiswa, lahir di Hungaria, sebelum mereka menikah secara resmi. Baru pada tanggal 6 Januari tahun 1903 ia menikah Mileva Maric walau pernikahan ini tidak dikehedaki oleh kedua keluarga. Pada Mei 1904 putra pertama mereka Hans Albert, lahir dan di Juli 1910 putra keduanya, Eduard.

Albert Einstein merupakan ilmuwan fisika teoretis yang lebih dikenal atas penemuan teori relativitas. Ya tentu tidak salah jika Anda hanya mengenal Einstein sebagai penemu teori relativitas saja. Namun sebenarnya masih ada banyak hal yang pernah ditemukan Albert Einstein selain teori relativitas. Nah berikut ini Plimbi akan mengulas 6 penemuan Albert Einstein terbesar yang membuat dirinya terkenal. Simak selengkapnya dibawah ini:

Beberapa penemuan diantara banyak penemuan yang membuat nama Albert Einstein kesohor antara lain:

  1. Teori Relativitas; teori yang menjelaskan bahwa gelombang electromagnetic dianggap tidak sesuai dengan teori gerakan Newton.
  1. Efek Fotolistrik; yang menjelaskan Efek Fotolistrik dengan lebih matematis, yakni cahaya terdiri dari partikel kecil yang disebut foton. Lalu membawa energi yang sebanding dengan frekuensi cahaya.
  1. Gerak Brown; yaitu gerakan yang terus menerus dari suatu partikel zat cair ataupun gas, dan pertama kali ditemukan oleh Robert Brown. Namun Gerak Brown ini justru lebih dikenal karena Albert Einstein turut mengembangkan penelitian tentang gerak ini dan menjadi perhatian ilmuwan Fisika.
  1. Persamaan Medan Einstein (Einstein field equations); merupakan kumpulan persamaan dalam Teori Relativitas Umum Albert Einstein.

Selain karena penemuannya, Albert  Einstein juga dikenal dengan kata-kata bijak yang pernah disampaikannya. Beberapa diantaranya yaitu:

  1. “If you cannot explain it simply, you do not understand it well enough”. – Albert Einstein (Jika anda tidak dapat menjelaskannya dengan cara yang mudah, berari anda tidak mengerti hal tersebut dengan cukup baik)
  1. “Education is not learning of facts, but the training of the mind to think” – Albert Einstein. (Pendidikan bukanlah pembelajaran tentang fakta-fakta., tapi latihan otak untuk berfikir)
  1. “A person who never make a mistake never tried anything new”. – Albert Einstein. (Seseorang yang tak pernah membuat satu kesalahan berarti tidak pernah mencoba sesuatu yang baru)
  1. “If you want to live a happy life, tie it to a goal, not to people or objects – Albert Einstein” (Jika anda menginginkan untuk menghidupi kehidupa yang bahagia maka gantungkan itu pada sebuah tujuan, bukan pada orang lain atau benda benda)
  1. “Try not become man of success, but rather become a man of value”. – Albert Einstein. (Cobalah untuk tidak menjadi orang yang sukses, tapi lebih pada menjadi orang yang memiliki nilai)
  1. “Everybody is genius. But if you judge a fish by its ability to climb a tree, it will live it whole life believing that it is stupid”. – Albert Einstein. (Semua orang adalah jenius. Tapi jika anda menilai kemampuan ikan untuk memanjat pohon, maka ikan itu akan menghidupi seluruh hidup hidupnya dengan percaya bahwa ia bodoh)
  1. “We cannot solve our problems with the same thinking we used when we created them”. – Albert Einstein . (Kita tidak dapat menyelesaikan masalah-masalah kita dengan pemikiran yang sama seperti yang kita gunakan ketika membuat masalah-masalah itu)
  1. “Never give up on what you really want to do. The person with big dream is more powerful than the one with all facts” – Albert Einstein. (Jangan pernah menyerah pada apa yang sebenarnya kamu ingin lakukan. Seseorang dengan mimpi besar lebih bertenaga daripada orang dengan semua kenyataan-kenyataan)
  1. “Winners never quit. Quitters never win” – Albert Einstein (Para pemenang tidak pernah menyerah. Orang-orang yang menyerah tidak pernah menang)
  1. “I have no special talent, I am only passionately curious”. – Albert Einstein. (Saya tidak memiliki talenta spesial, saya hanya bersemangat ingin tahu)

Semoga anda menjadi lebih cerdas dan lebih bijak.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s