GITARIS TANPA LENGAN

Ia dikenal dengan nama Tony Melendez, meski nama lahirnya adalah José Antonio Meléndez Rodríguez yang lahir di Rivas Nikaragua pada tanggal 9 Januari 1962, Rivas, Nikaragua. Tony dilahirkan tanpa tangan karena ibunya mengkonsumsi obat anti mual Thalidomide selama masa hamil Tony.

tony-melendez - 1Perjuangan yang tidak mudah tentulah dihadapinya sebagai penyandang cacat. Dia sempat menggunakan tangan palsu hingga pada usia 10 tahun. Namun setelah itu dia melepaskan tangan palsunya dan tidak pernah menggunakannya lagi.

Hal yang menarik dan menjadi motivasi dari  seorang Tony Melendez adalah karena ia sangat mahir bermain gitar. Tentu tidak dengan tangan, melainkan menggunakan kedua kakinya.  Dalam karier seninya, dia bukan saja menjadi seorang gitaris handal, tetapi juga menjadi seorang composer, penyanyi dan penulis (pencipta) lagu.

Konon, Melendez mulai bermain gitar sekaligus bernyanyi di daerah Los Angeles pada tahun 1985, yaitu kurang lebih 20 tahun setelah kelahirannya.  Dua tahun kemudian yaitu pada tahun 1987 Dia juga pernah bermain music dan bernyanyi pada acara khusus sekaligus menjadi kesempatan kepadanya untuk bertemu langsung dengan tokoh Katolik dunia yaitu Paus Yohanes Paulus II.  Suatu impian yang hampir mustahil bagi banyak orang termasuk Tony, namun hal itu terwujud.

Dalam perkembangan kariernya, Tony Meléndez juga menjadi pembicara motivasi (Motivator) dan menulis buku dan active mengkampanyekan sikap yang berpihak pada kehidupan.

Salah satu Album yang menjadi kesan bagi banyak orang di dunia, khususnya di negerinya kompilasi lagu-lagu Kristen berjudul “Never Be the Same”.  Lirik lagu ini sangat tepat menggambarkan momen-momen yang merubah kehidupan Tony Melendez dan menjadikannya seorang gitaris ternama. Lagu itu sangat cocok menceritakan kehidupan seorang laki laki yang penuh keyakinan meski memiliki fisik yang tidak sempurna.

Beberapa penghargaan yang telah diterima oleh Tony dalam kariernya antara lain :

  1. Unity Choice Male Vocalist of the Year UCMVA pada tahun 2000, 2002, dan 2004
  2. Branson Entertainment Award untuk Best New Artist pada tahun 1999
  3. “The Inspirational Hero Award” dari the NFL Alumni Association at the Super Bowl XIII

Tony Melendez-2Judul-judul lagu Tony mengesankan kehidupan yang bersahaja, dimana ada  rasa syukur, cinta, kerendahan hati, tidak menyerah, dan sebagainya.  Album terakhir Tony “Hand In Heaven”, yang mana dia sebagai produsernya sendiri, terdiri dari lagu-lagu yang tercipta dari hati dan jiwa seorang Tony Melendez.  Lagu “Lowly Servant”, adalah sebuah doa meminta pertolongan dan bimbingan dalam hidup yang penuh tantangan. “Everybody Sing”, adalah lagu pujian dan penyembahan kepada Tuhan.

Tony Meléndez memang adalah seorang cacat, tetapi dia tidak patah semangat dalam hidup. Dia berjuang, yakin  dengan kelebihan diatas kekurangannya, dan dia percaya tangan Tuhan yang menolongnya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s