KARYA MENAKJUBKAN SEORANG BUTA, FANNY CROSBY.

Mungkin tidak jarang anda dengar atau nyanyikan lagu “KU BERBAHAGIA” dengan lirik yang lengkap bait pertama seperti ini:  “Ku berbahagia, yakin teguh: Yesus abadi kepunyaanku! Aku warisNya, `ku ditebus, ciptaan baru Rohul Kudus. Aku bernyanyi bahagia memuji Yesus selamanya. Aku bernyanyi bahagia memuji Yesus selamanya.”

Fanny_Crosby1Lagu ini dikenal dengan judul bahasa Inggrisnya  “Blessed Assurance“ yang kurang lebih artinya “Jaminan berkat/diberkati”  adalah salah satu lagu diantara banyak lagu yang ditulis oleh Fanny Crosby yang mendunia dan yang terus dinyanyikan bahkan menjadi nyanyi gereja selama beberapa ratus tahun hingga saat ini. Penciptaan lagu ini bernama lengkap Frances Jane van Alstyne. Ia seorang wanita yang Ia lahir pada tanggal 24 Maret 1820, namun pada usia sekitar 6 minggu, dia menderita infeksi di matanya namun karna alasan dokter yang biasa menangani keluarga sedang ke luar kota, mereka berobat kepada seorang yang mengaku dokter di daerah itu. Malang bagi Fanny, setelah ditangani oleh dokter tersebut, kondisi mata Fanny semakin memburuk dan menjadi buta total.

Keadaan itu tentu membuat orang tua Fanny menjadi sangat sedih. Dan kesedihan keluarga ini pun bertambah tatkala ayah Fanny meninggal dunia beberapa bulan kemudian.  Jadilah keluarga ini hidup dalam penderitaan. Tetapi hidup harus terus berlanjut, hidup harus tetap dijalani meski sedang sulit. Prinsip itulah yang barangkali dimiliki oleh ibunya Fanny sehingga ia mau bekerja meski sebagai pembantu rumah tangga untuk menghidupi keluarganya.  Fanny kecil pun selalu dititipkan ke neneknya.

Nenek Fannylah yang banyak berperan membentuk kepribadian Fanny. Ia dengan sabar mendidik Fanny, mengajarkan cara berdoa dan juga membaca ayat-ayat Alkitab dikemudian hari setelah setelah ia belajar disekolah khusus bagi anak disabilitas fisik (tunanetra). Fanny juga ternyata memiliki kemampuan menghafal yang luar biasa, konon dia bisa hafal beberapa kitab Alkitab yaitu kitab Kejadian, Keluaran, Imamat, Bilangan, Matius, Markus, Lukas, Yohanes, Amsal, dan Pasal-pasal dalam kitab Mazmur.

Fanny_Crosby2Kisah lagu ‘Blessed Assurance’ bermula ketika seorang sahabatnya yang bernama nyonya Phoebe Knapp yaitu seorang yang kaya dan pandai bermain organ datang ke rumah Fanny. Wanita yang juga senang menciptakan melodi untuk lagu rohani Kristen ini datang ke rumah Fannya dan berkata : “Tante Fanny, saya baru saja menciptakan melodi untuk lagu rohani. Coba dengarkan ya, saya akan memainkannya”.  Phoebe kemudian memainkan melodi yang dia ciptakan dengan menggunakan piano.  Setelah beberapa kali diulang, ia menoleh  kepada Fanny dan bertanya “Tante Fanny, apa yang dikatakan oleh not-not yang saya mainkan tadi?” Pada saat itu juga Fanny berkata : “Blessed assurance Jesus is mine” (Jaminan berkat Yesus milikku, yang dalam versi bahasa Indonesia menjadi “Ku berbahagia yakin teguh, Yesus abadi kepunyaanku). Dan dalam sekitar 5 menit, keseluruhan lirik lagu itu yang terdiri dari 3 bait selesai dikarang oleh Fanny Crosby.

Sungguh luar biasa seorang Fanny Crosby ini. Ia telah menulis lebih dari 8000 himne dan lagu-lagu pujian, dan juga telah menulis lebih dari 1000 puisi, meski dalam banyak nama samaran. Karya-karyanya itu telah dicetak dalam bentuk buku kidung dan kumpulan puisi.  Dia telah memberkati jutaan manusia lintas generasi dengan karyanya walau ia seorang yang buta.   Bagaimana dengan kita?  Teruslah belajar dan berkarya walau tidak harus “sekelas” Fanny Crosby

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s