SEBUAH DISKUSI, MENCARI KEBENARAN ATAU PEMBENARAN?

Berbagi pengalaman selama kurang lebih 15 tahun sebagai admin group media social, mulai dari era milis (mailing list) di yahoogroups sampai ke group facebook era sekarang ini, paling tidak ada 2 tujuan seseorang memposting sebuah bahan diskusi; yang pertama adalah untuk mencari “kebenaran”, dan yang kedua adalah untuk mencari “pembenaran”.

Untuk yang pertama, orang tersebut belum memiliki suatu pemahaman atau sudah memiliki suatu pandangan terhadap subject (topic) yg dimaksud, tetapi belum final. Untuk orang seperti ini biasanya akan selalu terbuka terhadap pandangan atau pendapat lain yang memiliki dasar argumentasi yang lebih kuat. Orang seperti ini akan selalu “open minded” terhadap pendapat yang berbeda.

Kebenaran atau Pembenaran.jpgSedangkan untuk yang kedua, orang tersebut sudah memiliki pandangan atau pendapat yang sudah fix/final di dalam dirinya. Sehingga seperti apa pun kuatnya argumentasi orang lain yang barangkali versus dengan pendapatnya, tidak akan pernah di terima lagi. Sebab yang penting bagi orang ini bukan “kebenaran” (lain) tetapi “pembenaran” atas apa yang sudah dia miliki. Alasan yang kedua ini mungkin juga bukan karena dia sudah memiliki pandangan atau pendapat yang sudah final, melainkan karena tidak mau “kalah” dengan argumentasinya.

Lalu kalau sudah kita tahu bahwa orang yang kita hadapi dalam diskusi adalah yang kedua, masih perlukah kita memberi pendapat terhadap suatu topic yang dibuatnya?

Jawaban saya adalah tergantung diri kita. Kalau kita bisa menahan emosi (karena pasti pendapat kita tidak akan pernah diterima) silahkan tetap memberi komentar (pendapat). Sebab bisa saja orang lain yang ikut membaca dan/atau ikut diskusi, mengambil hikmah atau pelajaran yang positive dari argument-argument kita.

Namun, kalau tidak bisa menahan emosi, lebih baik diurungkan niat utk ikut diskusi atau memberi pendapat.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s