DIBALIK KEPUTUSAN AHOK MENCABUT UPAYA BANDING

Sungguh mulia hati Ahok.  Meskipun ada banyak dukungan terhadapnya dalam upaya banding, baik oleh praktisi hukum maupun oleh masyarakat nasional dan intenasional tetapi  dibalik keputusan Ahok untuk mencabut upaya banding, ada pertimbangan mengenai dampak yang mungkin terjadi yang dapat menganggu ketertiban dan kerugian lainnya  selama proses hukumnya berlangsung, khususnya karena aksi-aksi yang mungkin terjadi, seperti yang dibacakan oleh Veronica Tan dalam konferensi pers.

cabut upaya banding ahok.jpgTanggapan-tanggapan masyarakat di media elektronik dan media social tentu akan beragam. Sebagian netizen yang selama ini mendukung Ahok berpendapat bahwa pencabutan banding itu terjadi karena tidak percaya penegakan hukum selanjutnya.  Keputusan yang menyatakan Ahok bersalah dan dipenjara dianggap sebagian orang sebagai keputusan karena tekanan dari pihak-pihak tertentu, sehingga dalam upaya banding pun kemungkinan akan terjadi hal yang sama, bahkan bisa lebih buruk lagi.

Ahok dalam hal ini tak ingin menambah persoalan yang timbul bagi  warga DKI maupun Indonesia secara umumnya akibat proses hukumnya. Dalam pandangan Ahok proses itu berpotensi menimbulkan aksi dan reaksi yang menimbulkan kegaduhan dan menyebabkan ketidaknyamanan. Dan tentu hal itu akan berpotensi juga mengganggu ekonomi.

Tentu mungkin hal ini akan mengecewakan para relawan dan pendukung Ahok, tetapi para relawan dan pendukung yang selama ini telah menunjukkan citra yang baik dengan aksi dukungan yang tertib dan berpikir rasional akan dapat menerima alasan yang disampaikan Ahok.

ahok1Untuk itu, Basuki Tjahaya Purnama menuliskan pesan dalam selembar surat kepada semua orang khususnya untuk para pendukungnya, yang dibacakan langsung oleh isteri Basuki, Veronica Tan, didampingi oleh adiknya yang sekaligus sebagai pengacara Ahok berserta pengacara lainnya.

Surat pesan yang dibacakan oleh Veronica dengan haru dan membuat orang-orang disekitarnya dan penonton juga haru itu,  sebagai berikut:

Rumah Tahanan Depok, Minggu 21 mei 2017

Kepada relawan dan pendukung Ahok yang saya cintai, semua yang telah menjalani proses demokrasi di mana pun berada.

Saya telah banyak berpikir tentang kejadian yang saya alami. Saya mau berterima kasih kepada saudara-saudara yang terus mendukung saya dalam doa, kiriman bunga, makanan, kartu ucapan, surat, buku-buku, bahkan dengan berkumpul dengan menyalakan lilin.

Saya tahu tidak mudah bagi saudara menerima kenyataan seperti ini. Tetapi saya telah belajar mengampuni dan menerima semua ini. Jika untuk kebaikan berbangsa dan bernegara, alangkah ruginya warga DKI dari sisi kemacetan dan kerugian ekonomi akibat adanya unjuk rasa yang menganggu lalu lintas.

Tidaklah tepat saling unjuk rasa dan demo dalam proses yang saya alami saat ini. Saya khawatir banyak pihak yang akan menunggangi jika para relawan berunjuk rasa, apalagi benturan dengan pihak lawan yang tidak suka dengan perjuangan kita.

//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js
<ins class=”adsbygoogle”
style=”display:block; text-align:center;”
data-ad-layout=”in-article”
data-ad-format=”fluid”
data-ad-client=”ca-pub-9859457937803318″
data-ad-slot=”4072199196″></ins>

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Terima kasih telah melakukan unjuk rasa yang taat aturan dan menyalakan lilin perjuangan, konstitusi ditegakkan di NKRI dengan Pancasila dan UUD 1945 dan Bhineka Tunggal Ika.

Mari kita tunjukkan bahwa Tuhan tetap berdaulat dan memegang kendali sejarah setiap bangsa. Kita tunjukkan bahwa kita orang yang beriman kepada Tuhan Yang Masa Esa pasti mengasihi sesama manusia, pasti menegakkan kebenaran dan keadilan bagi sesama manusia.

Gusti ora sare.

Put your hope in the Lord now and always (Mazmur 131:3)

Kalau dalam iman saya, saya katakan: The Lord will work out his plans for my life (Mazmur 138:8a).

Ahok BTP.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s